Monday, September 19, 2016

Juli - Agustus di Donasi Buku

Alhamdulillah, pada Bulan Juli 2016 yang bersamaan dengan hari-hari akhir Bulan Ramadhan dan masuknya Bulan Syawal 1437 H kesibukan tim Donasi Buku mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Pada bulan ini, yang bertepatan pula dengan akhir tahun ajaran di hampir semua tingkat pendidikan di negeri kita banyak sekali e-mail yang masuk kepada kami mengenai keinginan untuk mendonasikan buku-buku pelajaran dari berbagai tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi.

Di sisi lain pengajuan donasi buku pelajaran tidak sebanyak buku bacaan anak dan buku-buku umum lainnya.

Tentu saja kami harus cermat melakukan pengaturan agar tidak terjadi penumpukan buku di sekretariat kami dan akhirnya tidak terdistribusi atau tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu dengan sangat menyesal kami terpaksa menolak keinginan beberapa sahabat yang ingin mendonasikan buku pelajaran dan menyarankannya untuk mengalokasikan ke lembaga lain yang mungkin memerlukannya.

Hal lain yang cukup membahagiakan adalah, pada Bulan Juli ini pula kami berkesempatan mendistribusikan buku ke Pulau Kalimantan yang belum pernah kami jangkau sebelumnya.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa kini kami telah menjangkau pulau-pulau besar di Indonesia (Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua).

Doakan kami tetap istiqomah ya, sahabat.

Adapun para penerima donasi buku di Bulan Juli dan Agustus 2016 adalah:
  • Perpustakaan Pondok Pesantren Al-Hikmah, Kedaton Bandar Lampung, berupa 48 eksemplar buku umum
Foto: dokumentasi PP Al-Hikmah
  • Rumah Baca Batujajar, Desa Galanggang, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, berupa 37 eksemplar buku anak-anak
 
  • Taman Pendidikan Al-Qur’an (TERPADU) Sabilul Jannah, Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, berupa 23 eksemplar buku anak-anak + 8 eksemplar buku umum/parenting (jumlah: 31 eksemplar)  
Foto: dokumentasiTPA Sabilul Jannah dan Donasi Buku
  • Perpustakaan Pusat Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan, berupa 60 eksemplar buku umum
    Foto: dokumentasi PP Darul Ulum
  • Rumah Baca Wamada Ponjian. Desa Pegagan Julu X, Ponjian, Kecamatan Sumbul Pegagan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, berupa 17 eksemplar buku pelajaran SMA + 5 eksemplar buku umum (jumlah: 22 eksemplar)
Foto: dokumentasi RB Wamada Ponjian
Foto: dokumentasi RB Wamada Ponjian
  • Rumah Belajar Samagiya, Kp. Bojong Neros, Kayumanis, Bogor, berupa 23 eksemplar buku anak-anak + 10 eksemplar buku pelajaran SMP (jumlah: 33 eksemplar)
Foto: dokumentasi RB Samagiya dan Donasi Buku
  • Taman Baca Baraoi, Desa Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, berupa 26 eksemplar buku anak-anak
Foto: dokumentasi TB Baraoi
  • Komunitas Sastra CafĂ© Latte 52, Pondok Pesantren Annuqayah Latee I Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur, berupa 8 eksemplar novel
 
  • KKN-PPM UGM Tirtosari, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupa 34 eksemplar buku umum
  • Perpustakaan Alone Alone, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, berupa 18 eksemplar buku kuliah
 
  • Madrasah Diniyah Darussalam, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung, berupa 14 eksemplar buku pelajaran SD kelas 1
  • Perpustakaan SMP Plus Nurul Bayan, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat, berupa 34 eksemplar buku pelajaran SMP 
Foto: dokumentasi SMP Plus Nurul Bayan dan Donasi Buku

Jumlah buku yang terdistribusi selama Bulan Juli dan Agustus 2016 adalah sebanyak 365 eksemplar, sehingga secara keseluruhan Donasi Buku telah mendistribusikan buku sejumlah 2457 eksemplar. Alhamdulillah.

Terima kasih kepada para donatur yang tetap setia berbagi bersama kami.
Dan untuk para sahabat penggiat literasi di seluruh nusantara, tetap semangat, mari bagikan sebanyak mungkin ilmu yang bermanfaat!

Mohon maaf atas e-mail yang belum terbalas, karena banyaknya pengajuan bantuan buku dan penawaran donasi buku yang masuk kepada kami serta keterbatasan tenaga/tim kami.
Terima kasih atas kesabaran sahabat semua, semoga berbalas pahala berlipat ganda.


1 comment:

  1. Hai, Kak !
    Mohon maaf baru sempat menyapa.Semoga tidak terlambat untuk kami mengucapkan terimakasih atas kiriman bukunya. Perjalanan yang tidak mudah untuk bisa sampai di Taman Baca Baraoi, tapi kami puas bisa melihat senyum adik-adik yang begitu girang mendapat buku baru. Semangat dan sukses untuk tim donasibuku, semoga semakin banyak buku yang didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia. Salam dari kami, Taman Baca Baraoi

    ReplyDelete